Rabu, 13 Maret 2013

Tanaman Pembawa Hoki


 

Setiap rumah pasti memiliki tanaman yang di tanam baik itu sebagai peneduh maupun hiasan rumah,namun perlu kita ketahui ternyata dibalik keindahan pesona tanaman ada beberapa hal yang perlu kita ketahui,percaya atau tidak setiap tanaman memiliki aura yang positif dan negative bagi orang yang menanam atau memeliharannya,berikut saya sajikan tips beberapa tanaman yang perlu hadir dalam rumah dan yang patut dijauhi untuk ditanam.

Tanaman yang membawa Hoki / keberuntungan
1. Bunga Matahari (Helianthus annuus L.)

menciptakan ketentraman, kebahagiaan dan keharmonisan.
Bunga ini sering ditanam di halaman rumah karena keindahannya. Orang banyak meminati bunganya yang berwarna kuning dengan kelopak di sekelilingnya. Bagi sebagian orang bunga matahari juga bisa mendatangkan keberuntungan. Konon, jika tumbuhan ini ditanam di halaman rumah, keluarga akan menjadi tenteram, bahagia dan harmonis.
2. Bunga Teratai (Nymphaea)

menciptakan kesejahteraan, kebahagiaan dan suasana yang harmonis.
Pernah membayangkan memiliki kolam di depan rumah dengan bunga teratai di atasnya ? Pasti indah sekali. Tanaman yang satu ini memang melambangkan keindahan. Teratai tergolong jenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama waterlily. Ada berbagai macam warna bunga teratai seperti merah, putih, hingga kuning. Dibalik keindahannya, bunga teratai diyakini mampu mendatangkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga.
3. Keladi Besar (Alocasia macrorrhiza)

menangkal pencuri masuk ke dalam rumah.
Perumpamaan ’tua-tua keladi, makin tua makin jadi’ memang sesuai dengan tanaman yang satu ini. Diyakini, semakin besar keladi yang ditanam di halaman rumah, semakin besar pula rejekinya. Konon, orang yang menanam keladi di halaman rumahnya akan dijauhkan dari pencurian. Malang jadi malas masuk halaman rumah karena tanaman keladi seolah menutup pandangannya. Keladi termasuk jenis tanaman Caladium atau suku talas-talasan yang berasal dari Brasil.
4. Kuping Gajah (Anthurium crystallinum)

membawa rejeki.
Banyak orang mengira tanaman ini memiliki ukuran sebesar namanya. Nama kuping gajah hanya dikenal di Indonesia. Di negara lain tanaman ini dikenal dengan nama latin yaitu Anthurium crystallinum. Karena bentuknya yang menyerupai kuping gajah, besar dan berbentuk hati, maka masyarakat pun menamainya demikian. Sebagian orang meyakini dengan menanam tanaman ini di halaman rumahnya akan mendatangkan rezeki dan materi berlimpah.
5. Mawar (Rosa)

mendatangkan rejeki.
Selain dikenal dengan bentuk bunganya yang cantik, bunga ini juga selalu dijadikan simbol cinta dan romantisme karena bentuk bunganya yang sangat indah. Ternyata Mawar tak melulu hanya identik dengan cinta. Bagi sebagian masyarakat, tanaman satu ini diyakini bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah bila ditanam di halaman rumah. Rezeki ini tidak hanya berhubungan dengan materi, tapi juga rezeki kebahagiaan dan keberuntungan.
6. Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata)

mendatangkan berkah dan kebajikan.
Tanaman ini sering dijadikan tanaman ‘pagar’ tinggi untuk halaman rumah. Bentuknya yang menjulang tinggi mampu meneduhkan rumah bila ditanam berderet. Dari berbagai jenis tanaman palem, jenis palem ekor tupai paling sulit ditemukan, sehingga harganya cukup mahal. Palem yang tergolong spesies Wodyetia bifurcata ini oleh sebagian orang diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan.
7. Palem Merah (Cyrtostachys lakka Becc.)

menjaga dari hal-hal negatif (teluh, santet, guna-guna dll), membawa rejeki.
Bagi sebagian masyarakat Jambi, Palem Merah dipercaya mempunyai khasiat ghaib dimana bila ditanam di depan rumah akan mampu menolak segala bentuk bala dan guna-guna yang ditujukan kepada penghuninya. Spesies: Cyrtostachys renda. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Lipstick Palm, Scarlet Palm, Sealing Wax Palm, Red Palm, dan Sumatra Wax Palm
8. Panchira / pohon uang (Pachira aquatica )

membawa rejeki.
Memiliki nama ilmiah Pachira aquatica. Biasa disebut money tree atau pohon uang. Bentuknya mungil, tinggi antara 25-30 cm. Tanaman ini dipercaya bisa membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan, keberuntungan dan panjang umur. Memiliki daun 5 jari dengan ujung yang lancip menyerupai tangan manusia. Pohon yang terkepang, menyiratkan mampu menampung rezeki yang masuk. Penempatannya yang tepat di ruang tamu.
9. Pandan (Pandanus amaryllifolius)

menjaga ayam peliharaan dari serangan musang.
Selama ini pandan lebih dikenal sebagai tanaman dapur. Kalaupun ditanam di halaman rumah tujuannya tetap untuk masak memasak. Namun ternyata bagi sebagian peternak di Indonesia, pandan digunakan untuk melindungi ayam dari musang. Binatang ini akan lari kalau melihat pandan. Bentuknya yang panjang dan berwarna hijau, ternyata mampu mengelabui musang dan dikira ekor induk ayam.
Tanaman ini merupakan keluarga tumbuhan monokotil dari jenis pandanus. Awalnya tumbuh di pantai tropika Afrika Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Tanaman ini bisa mencapai tinggi dari 50 cm, 5 meter hingga 10 meter seperti yang terdapat di pedalaman Papua.
10. Pohon Buah Naga (Hylocereus dan Selenicereus): membawa kesenangan. suasana ceria, dan harmonis.
Buah dari tanaman naga atau sering disebut dragon fruit memiliki banyak khasiat, seperti mengobati kanker, jantung dan memperlancar pencernaan. Tal heran bila banyak orang mengonsumsi buah naga untuk dijadikan makanan dan minuman. Tanaman naga tergolong keluarga kaktus. Batangnya memang kurang enak dipandang, tapi tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya. Lihat saja di negara Vietnam dan Thailand. Di sana buah ini sering ditaruh di atas meja sebagai simbol kesenangan bagi orang yang memandangnya. Dalam bahasa Inggris buah naga disebut pitaya.
11. Sedap Malam (Polianthes tuberosa): menciptakan keharmonisan dan ketentraman.
Tanaman ini berasal dari Meksiko dengan nama latin Polianthes tuberose. Dikenal sebagai tanaman abadi oleh suku Agavace di Afrika. Tanaman ini memang unik karena memiliki wangi yang kompleks, mulai dari wangi manis sampai eksotis. Beberapa negara memakai tanaman ini untuk bahan dasar pembuatan minyak wangi. Selain harum, konon sedap malam mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Ketenangan ini sebagai efek dari wewangian yang dihasilkan.
12. Bambu rezeki (Dracaena sanderiana)

Tanaman ini dipercaya berpotensi membawa hal baik. Bisa ditempatkan di ruang keluarga. Jika memungkinkan, sangat tepat ditempatkan di dekat jendela.
13. Sri Rejeki (Aglaonema)

Dari namanya sudah mengandung keberuntungan atau pembawa rejeki, seperti halnya ikan lou han. Semakin jelas warna yang muncul di daun, akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Warna kuning atau emas, dipercaya membawa rezeki. Letakkan di teras depan.
14. Anthurium (Anthurium)

Daun Anthurium yang berkilau, menjadikan tanaman hias ini simbol kejayaan. Tak hanya cantik diletakkan di teras, bagus juga diletakkan di atas meja.
Bunga Seruni atau Krisan (Chrysanthemum indicum L.)
Dipercaya memiliki kekuatan magis, yaitu membuat orang muda selamanya. Bisa ditanam di halaman atau pot.
15. Jeruk Emas / jin ju (Triphasia trifolia, syn. T. aurantiola Lour. dan Limonia trifolia Burm.)

Buah sangat banyak dan berwarna kuning. Biasanya dibagikan saat imlek. Sebagian orang percaya, bagi orang yang menerima akan mendapat kesuksesan dan kekayaan.


Tanaman yang membawa sial bila ditanam didalam pekarangan rumah

1. Anggur / grape (Vitis): mendatangkan kebangkrutan.
2. Aren (Arenga pinnata): menjadi tempat berkumpul makhluk halus.
3. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi): jadi sering diganggu makhluk halus.
4. Kembang Kertas (Bougainvillea) : bapak/anak laki-laki jadi gak betah di rumah.
5. Cabai (Capsicum): membawa perselisihan dan saling curiga.
6. Jagung (Zea mays L.) : jadi sering sakit-sakitan dan sering berselisih dengan tetangga.
7. Nangka (Artocarpus heterophyllus): jadi sering sakit-sakitan.
8. Pepaya (Carica papaya L.) : membawa sial.
9. Pinang (Areca catechu L.): anak-anak jadi susah diatur, tabiat yang buruk dalam pendidikan maupun moralnya.
10. Pisang hias (Heliconia): membawa sial.
11. Sirsak (Annona muricata L.) : jadi tempat makhluk halus yang suka mengganggu ketentraman.

Tanaman yang memiliki "daya linuwih"

1. Bangle (Zingiber cassumunar): menangkal gangguan makhluk halus.
2. Andong (Cordyline fruticosa): menolak bahaya, pengusir tikus, serangga dan penyakit dari tanaman padi.
3. Keladi hitam (Alocasia plumbea) : menangkal hal-hal negatif seperti santet, guna-guna dsb.
4. Kelor (Moringa oleifera): menangkal hal-hal negatif seperti santet, guna-guna dsb.
5. Kenanga (Cananga odorata): menangkal black magic.
6. Melati (Jasminum sambac): membawa keagungan, kesejahteraan dan keharmonisan.
7. Pohon Tiang (Polyalthia longifolia): suci.
8. Sawo Kecik (Manilkara kauki): membawa kewibawaan dan kehormatan.
9. Tebu Hitam (Saccharum sinense): menangkal black magic.

selamat menanam,pilihan ada ditangan anda.dan jangan lupa rawatlah tanaman yang anda miliki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar