Kamis, 21 Maret 2013

Makanan yang menjadi simbol pembawa keberuntungan

Makanan yang menjadi simbol pembawa keberuntungan | Mitos makana tahun baru | makanlah makanan pembawa keberuntungan di Tahun baru!. Beberapa  jam lagi kita akan memasuki tahun baru. Di tahun yang akan datang, banyak orang yang mengharapkan keberuntungan. Konon, menurut kepercayaan makanan merupakan lambang kehidupan. Baca juga MITOS TAHUN BARU | MAKANAN PEMBAWA SIAL JIKA DISANTAP DI TAHUN BARU | FENG SHUI MAKANAN DI TAHUN NAGA AIR.
Beberapa makanan sering dijadikan simbol keberuntungan, kesejahteraan, kemakmuran, dan kesuburan. Makanan tersebut biasanya menjadi sajian khas tahun baru dengan harapan tahun berikutnya akan lebih baik dari tahun ini. Apa saja makanan tersebut?

1. Mie

Di sebagian besar negara Asia, panjangnya mie menjadi simbol panjang umur. Makanya, waktu memakan mie saat perayaan tahun baru, jangan sampai mie putus sebelum masuk ke mulut.

2. Kacang tunggak 

Kacang tunggak juga dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas. Orang Amerika Serikat bagian selatan menganggap kacang ini membawa kesejahteraan, terutama jika disajikan bersama sawi hijau (collard greens).

3. Kubis 

Di Jerman, Irlandia, Denmark, dan sebagian Amerika Serikat, kol sering dikaitkan dengan nasib baik karena warnanya hijau dan berlembar-lembar seperti uang. Banyak orang percaya bahwa semakin banyak seseorang memakan sayuran hijau, semakin besar 
keberuntungan yang ia dapat tahun depan.

4. Kacang Lentil

Karena bentuknya bundar dan pipih seperti koin, lentil atau miju-miju biasanya dimakan saat tahun baru di Italia, Brazil, Amerika Serikat bagian Selatan, dan Jepang agar mendapat kemakmuran.

5. Delima merah 

Memakan delima merah (pomegranate) saat tahun baru akan membawa kekayaan dan kesuburan. Setidaknya inilah yang dipercayai masyarakat Turki dan negara-negara Mediterania.

6. Babi Panggang

Cara babi berjalan yang selalu maju ke depan menjadi simbol kemajuan. Orang Kuba, Spanyol, Portugal, Hungaria, dan Austria biasanya menyantap babi panggang yang masih menyusui. Di Swedia, orang biasa memakan kakinya, sementara masyarakat Jerman lebih suka menyantap babi panggang dan sosis. Di Italia dan Amerika Serikat, babi yang kaya lemak menandakan kekayaan.

7. Ikan 

Berbagai jenis ikan dan makanan laut dianggap sebagai pembawa keberuntungan di beberapa negara. Misalnya ikan cod di Denmark dan Italia, herring di Polandia dan Jerman, ikan kerapu di Jerman, dan salad seafood di Swedia. Orang Jepang bahkan memberi makna berbeda-beda terhadap ikan dan makanan laut. Telur ikan herring perlambang kesuburan, udang simbol panjang umur, dan ikan asin menandakan panen berlimpah.

8. Kue 

Kue yang disajikan saat Natal hingga tahun baru di Polandia, Hungaria, dan Belanda adalah yang berbentuk bundar atau cincin. Di Meksiko, Yunani, Swedia, dan Norwegia, ada benda kecil seperti koin dan almond utuh yang disembunyikan dalam kue ini. Orang yang mendapatkannya dipercaya akan bernasib baik di tahun berikutnya.
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar