Rabu, 13 Maret 2013

Fauna Pembawa Hoki

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa datangnya tahun baru akan membawa keberuntungan. Nah, kali ini Bravo! akan membahas tentang mitos beberapa fauna yang dipercaya membawa keberuntungan. Penasaran?

Kucing
Kucing yang bernama latin Felis silvestris catus, adalah hewan karnivora yang sudah dikenal sejak 6000 tahun SM. Di jaman tersebut, orang Mesir kuno bahkan sudah menggunakan kucing untuh menjauhkan hewan pengerat dari lumbung padi mereka. Hingga saat ini pun, kucing masih menjadi hewan paling favorit untuk dipelihara di rumah. Selain bersahabat, pemeliharaannya pun tidak terlalu sulit.

Adakah dari Sahabat Bravo! yang tahu mengenai Maneki Neko? Itu loh boneka kucing porselen yang sering diletakkan di toko-toko. Boneka yang berasal dari Jepang ini memiliki karakteristik tangan kanan atau kiri yang mengarah ke atas, seolah sedang memanggil-manggil pengunjung. Menurut sejarah di Jepang, ada seorang pemburu yang terjebak hujan deras di hutan. Dia bertahan di bawah pohon hingga melihat sebuah kuil. Di depan kuil tersebut, terdapat seekor kucing yang kaki depannya melambai-lambai, seolah sedang memanggil pemburu tersebut. Merasa ditolong dengan diberi tempat teduh, akhirnya sang pemburu membangun sebuah patung kucing di depan kuil, dan akhirnya dikenal dengan  nama Maneki Neko.

Maneki Neko dipercaya oleh para pemilik toko di seluruh dunia dapat mendatangkan keberuntungan. Dengan lambaian tangannya, Maneki Neko mengajak calon pembeli untuk masuk ke dalam toko. Jadi, Sahabat Bravo! jangan heran ya kalau melihat boneka Maneki Neko lagi.

Tokek

Tokek merupakan hewan reptil yang memiliki rupa mirip dengan cicak, dengan ukuran lebih besar. Hewan yang memiliki nama ilmiah Gekko gekcko ini banyak ditemui di pohon, dan pekarangan rumah yang terdapat di pedesaan. Hewan yang ketika mengeluarkan suara persis dengan nama jenisnya ini memiliki kepala yang besar, dan panjangnya dapat mencapai 340 mm. Tokek memangsa aneka serangga dan hewan invertebrata berukuran kecil sebagai makanannya. Umumnya, tokek aktif di saat senja dan malam hari, walau kadang suaranya terdengar di siang hari.
Dalam kepercayaan tertentu, tokek adalah hewan keturunan makhluk mitos, yaitu naga. Oleh karena itu, tokek dianggap sebagai hewan suci dan sakral. Selain itu, tokek juga dipercaya sebagai hewan tolak bala karena diyakini memiliki kekuatan gaib. Menurut kepercayaan, jika ada rumah yang dihuni oleh hewan ini, maka rumah tersebut dapat terlindungi dari kekuatan jahat. Semakin besar ukuran seekor tokek, maka semakin besar pula kekuatan yang dimilikinya. Tokek juga dapat mengobati penyakit loh! Beberapa waktu terakhir banyak orang memburunya untuk dijual ke berbagi daerah hingga luar negeri, untuk dijadikan obat tradisional. Wow!

Ikan Louhan

Ikan Louhan, yang dalam bahasa Inggris disebut Flowerhorn, merupakan salah satu ikan hias terkenal yang banyak dipelihara di dalam akuarium. Ikan Louhan banyak digemari karena warna sisik yang unik, dan benjolan yang terdapat di kepalanya. Pada awalnya, ikan ini hanya hidup di Malaysia dan Taiwan. Namun, saat ini ikan tersebut banyak dipelihara oleh penggemarnya di seluruh belahan dunia.

Bagi sebagian orang yang memelihara ikan Louhan, percaya bahwa ikan ini adalah pembawa keberuntungan. Konon, bagi siapa saja yang dapat memeliharanya dengan baik akan mendapatkan keberuntungan yang berlimpah. Sisik pada tubuh ikan Louhan memiliki corak yang unik. Coraknya terkadang menggambarkan makna yang membuat si pemelihara mendapatkan keberuntungan sesuai dengan apa yang tertulis. Apabila seekor Ikan Louhan memiliki motif yang berhubungan dengan kekayaan, maka sang pemilik percaya akan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Sedangkan jika disana terbentuk corak yang melambangkan kesehatan, maka sang pemilik akan terus diberikan kesehatan dan umur panjang.

Kepercayaan yang terdapat pada beberapa hewan diatas, hanyalah sebuah mitos. Sahabat Bravo! boleh percaya atau tidak. Mudah-mudahan dapat menambah ilmu pengetahuan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar